Batman Begins - Help Select

Minggu, 06 September 2015

Hal-Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Menginstal Linux Mint 17.1 Rebecca

 Hal-Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Menginstal Linux Mint 17.1 Rebecca.

Setelah menginstal Linux Mint ada beberapa hal yang harus dilakukan.

1. Mengatur Software Source

Klik Menu > Administration > Software Source. Di sini anda akan mengatur mirror yang berfungsi sebagai sumber saat anda menginstal aplikasi nantinya. Klik pilihan yang terdapat pada Main (rebecca) [yang ada gambar benderanya], klik mirror yang paling cepat lalu klik Apply.



2. Update

Anda perlu meng-update sistem anda supaya sesuai dengan repository Ubuntu. Update bertujuan untuk mengambil index repository (secara online). Index repository sangat penting karena tanpanya apt-get tidak bisa menginstal suatu aplikasi. Index ini berisi daftar URL lengkap dari seluruh isi server yang bserisi paket-paket berformat debian. Index ini bisa anda lihat di /var/lib/apt/lists. Update bisa dilakukan dengan cara membuka terminal dari menu atau dengan menekan tombol ctrl+alt+T kemudian mengetikkan :
sudo apt-get update
kemudian tekan Enter. Anda akan diminta untuk memasukkan password. Jika anda seorang pemula Linux maka jangan heran ketika password anda tidak ditampilkan di Terminal, hal ini untuk menjaga privasi anda. Setelah selesai memasukkan password, tekan Enter maka peroses update akan berlangsung. Tunggu hingga selesai. Perlu diingat bahwa proses update dan penginstalan aplikasi baik melalui Terminal ataupun melalui aplikasi berbasis grafis haruslah terhubung ke internet.

3. Instal Java

Java sangat penting ketika kita menjalankan aplikasi yang membutuhkan aplikasi Java di Browser. Ketik di terminal perintah di bawah ini lalu tekan Enter :
sudo apt-get install openjdk-7-jdk
Jika suatu saat anda memutuskan untuk me-uninstall openjdk maka gunakan perintah di bawah ini :

sudo apt-get purge openjdk

4. Instal Flash Player

Flash Player sangat diperlukan ketika kita ingin memutar video di Browser. Ini dia perintah untuk menginstalnya:
sudo apt-get install flashplugin-installer

5. Instal LAMP (Linux, Apache, MySQL and PHP)
Silakan menuju artikel Langkah Instal LAMP

Referensi
http://imaginasi-kontemporer.blogspot.co.id/2015/02/hal-hal-yang-sebaiknya-dilakukan.html

2 komentar: